Posted by: nidnod | May 12, 2008

Backpacker wannabe: Kepulauan Riau

Ceritanya, karena 2th itu masih lama ya bo buat gw sampe akhirnya bisa backpacking ke eropa… Akhirnya gw memutuskan untuk backpacking ke Indonesia dulu. Target gw pokoknya minimal 1-2 bulan sekali gw harus pergi ke tempat yang belum pernah gw datengin sebelumnya. Itung-itung latihan manggul backpack sekaligus menyukseskan gerakan Visit Indonesia Year 2008 hehe…
Kata “backpacking” itu gw terjemahkan dalam dua arti:
literally carrying only backpack with our body
, sama travelling dengan budget seminim mungkin.
Dan gw gak main-main dengan kata “seminim mungkin”. Setelah mencari dan memilah keberadaan temen2 gw dari phonebook dan fs friends list, terpilihlah Pulau Batam dan Pulau Bintan sebagai sasaran gw!

Kenapa Bintan?
Pertama karena namanya masih lumayan asing di telinga orang2 yang hidup di pulau Jawa. Hehe alesan yang agak udik memang. Banyak yang gak tau Bintan itu ada dimana. Kayanya pulau itu ditempat antah berantah gitu. Eksotis. Mengundang pertanyaan. Kalo gw bilang gw mo liburan ke Bali, orang paling cuma bilang ‘oooh Bali, ah udah biasa‘. Kalo yang ini kan kesannya petualang banget. Hehe yeah right.

Tapi ada juga sih temen gw yang pas gw kabarin:
“Bu, minggu depan gw mo liburan ke Bintan loooh… cihuuuy!!!”
Temen gw dengan lempeng-nya bilang:
“Ngapain cihuy-cihuy, bukannya deket sama tempat lo kerja skrg…?

“…(bingung)… Fit, bukannya lo dari Pekan Baru ya, Bintan itu kan di Kepulauan Riau??!”
“…oooh ya ampuun… gw pikir Banten!”

Yah begitulah.

Selain itu gw denger di Bintan itu pantainya bagus banget, masih putih dan jernih, surga snorkeling and diving juga, makanya banyak dikelola sama resort asing. Belum lagi sea food nya yang fresh & yummmmmy dan bisa disantap di tepi sungai bakau. Ehhmm satu lagi…. faktor daya tarik Bintan yg lebih besar tepatnya karena di Kota Tanjung Pinang (ibukota Kep.Riau) ada 3 mantan temen kost gw yang orang asli sana. Jadi, sudah bisa dipastikan bebas biaya makan, penginapan, transportasi dan curhat colongan hehehe…
Kan backpacker…. cuma modal tiket Air Asia PP doang…

Kenapa Batam? Bukannya di Batam cuma ada mall doang?
Buat gw Batam memang cukup membosankan. Gersang. Isinya kalo gak perumahan, ruko, ya mall. Tapi…. karena temen gw punya pacar disana yang katanya juga menjamin transportasi dan akomodasi, tempat ini jadi naik harkat dan martabatnya di mata gw hehe. Dan… Harga tiket pesawat ke Bandara Hang Nadim Batam lebih murah daripada ke Bandara di Kijang, Bintan hehe…. Lagi-lagi.

But Kepri really is beautiful. Secara gw anak gunung yang dibesarkan oleh G. Merapi, G.Sumbing, G. Sindoro dan gunung-gunung Jateng lainnya, jadilah selama di kapal fery dari pelabuhan Telaga Punggur, Batam ke Tanjung Pinang gw dibuat bengong ngeliat pulau-pulau kecil nan cantik dengan pasir putih dan pohon bakaunya. Pulau dimana-mana. Malah ada pulau yang kecil banget yang satu puteran paling juga gak sampe 5 menit. Gw paling suka liat jalinan kayu di dermaga sederhana yang ada di rumah-rumah nelayan itu. Sooo traditional. Sooo vernacular. Sooo Pretty.


Kehidupan masyarakat Tanjung Pinang pun mengingatkan gw dengan kehidupan orang-orang Malaysia terutama yg tinggal di pesisir seperi Johor. Bahkan beberapa kawasan di KL pun masih mirip. Lots of open spaces. Rata-rata kedai makan meletakkan mejanya di halaman depan yang terbuka. Kalau kita pergi ke Akau (pusat jajanan tradisional orang-orang chinese disana), kita bisa pesen otak-otak, es sekoteng jagung, jus jagung (??!), gorengan dan hidangan lain sambil menikmati udara luar. Hmm… nikmat.
Setelah gw tanya2, rata-rata orang sana juga lebih merasa dekat dan bersodara dengan Malaysia dibandingkan dengan orang Indonesia sendiri. Yaiyalah, ke Jkt PP hampir sejuta sndiri. Ke Malaysia PP paling cuma abis 150ribu. Kalo ditanya-tanya sama imigrasi mereka paling cuma jawab “….nak check-up hospital” udah. Beres. Miris juga ya… ati-ati aja ilang lagi satu propinsi kita.

Well, so far it’s been a very great experience travel around with low budget. Makasih banget buat temen-temen yang udah bayarin hotel di Batam, jasa antar jemput, makan siang, makan malam, aneka seafood yg luar biasa lezattnya, nemenin gw snorkeling sampe gosong, berbaik hati mau share Kayak dan Jetski-nya hehe…
Bisa gak ya ke Eropa modal tiket pesawat PP doang huehehehe. Sluuuuurp…

Kalo ada yang mo ngajakin backpacking lagi… hayu atuh!


Responses

  1. Kepri? Waww… dari dulu mimpi ke sana. masi nunggu cuti tapi butuh waktu lama.. ughh.. padahal temen2 kampuz (anak2 asrama Kepri) pada ngajakin semua. Yaa.. keduluan nid nod deh ceritanya?😦

    Bli

  2. Whassup with your blog Bli?
    Kok gak di link-in kesana??
    Hihihi terakhir nulis November 2007, sama ajah! Hayu atuh nulis lagi…!

    Iya nih, tiga hari sangat gak cukup banget buat ngejelajahin pulau-pulau di Kepri. I wish I had more time😦

  3. hayu kita jadi backpacker brg, tapi gw mau tour the java and bali dulu, baru ke luar pulau, abis itu europe is my destination.. hehehe let we start our adventure,,πŸ˜€

  4. Jadi kangen sama Tanjung Pinang. Tahun 2006 pernah ke sana, masih inget asiknya makan jagung bakar di pinggir laut sore2πŸ˜‰

    Backpaking? Yyyyuk! *sok akrab*

    Salam kenal yaπŸ˜‰

  5. Love backpacking..
    Mw rencna ke karimun jawa ni bulan2 mei ini..
    Ada yg mw ikuutt??he2

  6. wah gw jd ‘BANGGA’ ne kampunk gw di exp0seπŸ˜€
    msh bnyak lg loch t4 dan kbudaya’an melayu bintan yg lum d catet d atas (mklum jg c pan bcpack). pantai trikora dgn pasir putih 0mbak laut+sea food nya yg khas jg menjadi andalan kami trlbih invest0r asing tlah menyulap lagoi island menjadi surga dgn nilai pariwista yg tinggi.

    Nb:walau jarak qami dgn negara ttangga(S’pore n malay) sangat dkt hingga kami gk butuh k sp0re tuk mlihat pesta kmbang api ta0n baru karna dah terlihat, dr tanjung uma batam namun rasa PATRIOTIK DAN CINTA TANAH AIR tetap tertanam di hati kami.

    MERDEKA,……

  7. mbak misi numpang nanya, rencana saya bulan maret mau backpackeran ke pulau bintan, tiket pesawat ke batam udah dapet, di bintan ada spot snorklingnya gak mbak?? yg bagus


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: