Posted by: nidnod | September 25, 2007

Gaydar…!


Belom pernah ada yang ngangkat tema ini kan di blognya…
Huehehehe…

Walaupun fenomena ini mungkin masih kurang familier di kehidupan nyata kita sehari-hari, but did you ever catch yourself thinking that your friend, or a random guy you pass on the street is gay?

Kaya tiap gw ke Olala Dago yg katanya emang tempat nongkrongnya gays and lesbians, I can’t help but noticed every single group hanging out there. Gw perhatiin cara berpakaiannya, cara bicaranya, sampai cara mereka menyentuh lawan bicara mereka saat mereka berbicara. Bukan bermaksud offense atau mendiskreditkan komunitas itu, I just want to practice my ‘gaydar’. Tau gaydar kan? Gaydar atau gay radar adalah insting alamiah kita yang membantu kita ngasih tau whether a guy is straight or gay.

But tell me, kalo lo sendiri, how can you tell that someone’s gay? Apa yang menyebabkan pertanyaan itu muncul dikepala lo? Apakah karena dia punya girly appearance and manners? Kibasan tangan a la mbak2 (atau mas2?) salon? Atau banyaknya penggunaan kata-kata dalam kamus gaul Debby Sahertian?

Susah juga lho, soalnya kadang-kadang cowo2 yg girlish juga heterosexual. I remember having a friend, who was best friend of girls, behaving like a little girl, loves shopping and adore branded item but he was not gay at all (well at least back then he wasn’t gay, gak tau sekarang hahahaha). Tapi fakta bahwa kelakuannya yang seperti itu membuat cowo-cowo jd jaga jarak karena takut akan terjadi sesuatu yang diinginkan hehe… Padahal karakter asli temen gw itu sangat menyenangkan. Sayang aja udah ke-judge duluan.

Beda sama cowo yang ketakutan, gw sebagai cewe justru seneng loh punya temen gay. Pernah denger istilah “gay is a girl’s best friend” kan?
Gw punya beberapa temen gay (walaupun gak semuanya ngaku). Gw nyaman berteman dengan mereka mungkin mostly becoz he can expresses his feelings freely like most of us girls do, gak jaim dan sok cool jaga ekspresi kaya cowo; Vulnerable and sensitive, always listen while we’re talking but still has men’s logic and rationality; Know lots of girly stuffs more than we do (temen yg asik buat creambath bareng); Rame; Meriah; Suka mijetin kalo kita lg capek; Dan yang paling penting, he’s our safe zone! kita bisa punya hubungan sedekat apapun tanpa ada rasa takut dia bakal suka sama kita, yang mungkin bisa menghancurkan hubungan persahabatan yang ada. suatu common problem yang sering kita temukan pada typical man and woman relationship.

Hmmm, see…, it’s not that bad having gay guy in our community right? Aterall they’re still humanbeing just like we do.
J

udge your self before you judge them.

 


Responses

  1. Nid, bukannya gaydar hanya dimiliki oleh kaum Gay yah..? Untuk mengenali sesamanya.. Hehe..

  2. ada2 aja ni topik, ga ada topik lain, udah gatel gw pengen komen. tp takut banyak yg kesinggung.. maklum bulan puasa

  3. hm..
    pikiran gw ya,
    not judging,
    it just..

    “semua cowok itu punya potensi jadi gay kok”

    makanya mereka takut. at least itu yang gw pikirin tentang kenapa gw segitu takutnya sama gay. hahaha.

    and don’t think anything funny, i’m straight. have a girl right now.

  4. @ratie:
    I know Tie, gw pinjem istilah itu dr mereka karena gw pengen gak penasaran lagi kalo liat co cakep. Is he straight… gay…?

    @ the_sunan :
    Ya ilaah itu komen maksudnya apa… Mending gak usah komen sekalian Mam… :p

    @ydoea:
    Peris, ada temen deket gw, cowo, jg bilang hal yg sama ke gw. Sempet wondering jangan2 dia gay karena dia takut komitmen. Masalahnya beda antara homoseksual dan metroseksual juga tipis sih hehehe…

  5. Wah Anid ngangkat topik yang sensitif euy🙂

    Hmmm, about homosexuality, bisexuality, transgender, etcetera… Gw sendiri sih ga masalah ama gaya & pilihan hidup orang selama itu ngga ngerugiin orang yang lainnya.

    Waktu itu gw sempet ngobrol ama temen gw (dgn gender cewek) ttg topik ini, dan seperti yang pernah gw baca di buku-buku, ternyata SEMUA ORANG punya kecenderungan untuk menjadi biseksual *apalagi homoseksual*, tergantung lingkungannya aja.

    Kita bisa menentukan seorang cewe/cowo itu ‘menarik’ ato ngga, ya karena kita punya kecenderungan untuk biseksual. Kalo kita ngga punya kecenderungan itu ya kita ngga akan tahu yang disebut ‘cantik’ itu kaya apa (buat cewe) dan ‘ganteng’ itu kaya apa (buat cowo). *ini seperti yang gw baca yaa…*

    Dan setelah obrolan panjang lebar, dan gw ngomong, “Gw ngga masalah punya temen homoseksual, selama itu ga ngerugiin orang lain.” Temen gw cuma ngangguk-ngangguk sambil ngomong, “Tapi pasti secara insting gw bakal jaga jarak kalo punya temen lesbian, walopun tetep temenan. Takut aja ntar kalo terlalu deket, bisa-bisa dia nanggepinnya beda & jadi naksir gw.”

    Pas gw inget-inget lagi, ada beberapa orang terdekat gw (dgn gender cewe) yang emang pernah ditaksir lesbian. Dan itu bener-bener bikin mereka parno dan takut, mungkin takut kebawa jadi biseksual…

    Hmmm… Gw jadi mikir lagi…

  6. You know what? aku tuh kinda punya gaydar banget!!! ya ampyuuun tolong.. jadi pengen ketiwi2..😀

  7. kayaknya bener kok kak, mereka emang punya gaydar yang canggih. bahkan untuk orang yang ngerasa gay. baru setelah deket akhirnya nyadar kalo mereka (yg tadinya lelaki tulen) ternyata ada kecenderungan untuk jadi gay.
    soal girl’s best friend, jelas karena girls tetep melihat mereka sebagai cowok, cuma tanpa potensi “serangan seksual”.
    met kenal ya .. makasih dah mampir.

  8. […]Suka mijetin kalo kita lg capek[…]
    wah, yang ini saya juga suka, nih😀
    tapi asli, ha mbok yakin, saya mah bukan gay…
    _____________________
    menghakimi, bagaimanapun kan sebainya ngga usah yak?

  9. @ Nindityo:
    Analisa yang tepat sekali hehehe.

    @ Goop:
    Anda yakin? lha itu postingan yang pake blush on dsb nya itu…? *ngakak on the floor*
    Setuju!
    Wong ngurusi diri sendiri aja gak beres2 kok mau ngurusi orang laen.

  10. setuju ama om goop mendingan jangan menghakimi sama sekali..


Leave a Reply

Categories

